EVALUASI SEKOLAH LAPANGAN PENGENDALIAN HAMA TERPADU ( SL-PHT) TANAMAN PADI

DI PROPINSI BANTEN

Sekolah lapangan merupakan salah satu metode yang diterapkan dalam aktifitas penyuluhan pertanian. Metode ini merupakan suatu cara belajar yang memadukan teori dan praktek melalui pengalaman petani atau kelompok tani yang ada dalam usaha tani. Prinsip dari metode ini adalah pendidikan bagi orang dewasa yang menekan pada aktifitas peserta dalam mengembangkan dirinya sebagai orang dewasa yang memiliki potensi untuk maju dan berkembang, termasuk dalam mempelajari teknologi baru.
Evaluasi Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SL- PHT ) di Prov. Banten di lakukan pada 23 kelompok peserta SL PHT tersebar di 4 kabupaten dan 1 kota dari hasil evaluasi tersebut maka dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut:

  1. SLPHT telah memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan pengetahuan, sikap maupun keterampilan petani serta dapat meningkatkan pendapatan usahatani padi sawah di Propinsi Banten.
  2. Karakteristik petani peserta SLPHT memiliki hubungan dengan peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan PHT, namun hanya karakter tingkat pendidikan dan luas lahan garapan yang memiliki hubungan yang signifikan.
  3. Berbagai kelembagaan yang seharusnya berperan aktif dalam pemasyarakatan PHT di Propinsi Banten saat ini sebagian kurang berperan bahkan ada yang sudah tidak berperan sama sekali dalam pemasyarakatan PHT.
  4. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pemasyarakatan PHT di Banten  antara lain : kurangnya jumlah POPT/PPL di lapangan, terjadinya pemekaran wilayah, tidak seragamnya kelembagaan pemerintah yang menangani PHT, belum berkembangnya kelembagaan petani, kurangnya pelatihan PHT bagi petugas, dan pengaruh faktor-faktor teknis yang berada di luar jangkauan petani seperti kekeringan, banjir, kelangkaan pupuk, makin sulitnya tenaga kasar di bidang pertanian serta promosi industri pestisida secara besar-besaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: