GERAKAN TANAM PADI MT. 2009/2010 DAN GEBYAR SL-PTT PADI

GERAKAN TANAM PADI MT. 2009/2010 DAN

GEBYAR SL-PTT PADI DI PROV. BANTEN

Pada tanggal 9 Nopember 2009 segenap insyan pertanian di provinsi Banten perhatian terpusat ke Desa Gunungcupu Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang, dimana pada saat itu dilaksanakan acara “ Gerakan Tanam Padi MT 2009/2010 dan Gebyar Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Padi “

Pada hari Senin tersebut petani, POPT, PPL dan Stake holder pertanian blek tumplek di lahan sawah yang sudah dipersiapkan sejak awal, dibawah tenda berukuran besar masyarakat disekitar lokasi menyambut dengan hingar binger, hari itu petani istirahat dulu dalam aktivitas di sawah menyaksikan para inohong, maklum yang datang ada orang nomor wahid di Banten yaitu Ibu Gubernur Banten Rt, Atut Chosiah,.SE, dari Jakarta ada Dirjen Tanaman Pangan beserta rombongan, tak ketinggalan Ibu Direktur Perlindungan Tanaman Pangan juga hadir, serta dari Unsur Kabupaten Pandeglang selaku tuan rumah dipimpin langsung oleh Bupati  dan tentu didampingi oleh para pejabat eselon II (dua).

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Prov. Banten dalam laporannya sebagai ketua panitia menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk meningkatkan koordinasi dan keterpaduan pelaksanaan peningkatan produksi melalui kegiatan SL- PTT padi anatara pusat, provinsi dan kabupaten/kota; mempercepat penerapan komponen teknologi PTT padi oleh petanni sehingga dapat meningkatkanpengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha taninya untuk mendukung peningkatan produksi; meningkatkan produkstivitas, produksi dan pendapatan serta kesejahteraan petani.

Sementara itu Gubernur Banten dalam sambutanya menyatakan bahwa salah satu implementasi program pembangunan tanaman pangan yang akan di tumbuh kembangkan di prov. Banten  antara lain adalah pemanfaatan sarana  prasarana, akselerasi peningkatan produktivitas, perluasan areal tanam, rintisan pengembangan komoditas pangan alternatip, pemanfaatan siostem perbenihan, pengembangan perlindungan tanaman, pengolahan dan pemasaran, pengembangan kelembagaan, dan pemantapan manjemen pembiyaan pembangunan pertanian. Arah pembangunan seperti itu diharapkan akan mampu meningkatkan nilai tambah sesuai kebutuhan, sekaligus peranan petani, dapat mengtantisipasi tantangan dan peluang globalisasi.

Rangkaian acara pada pencanangan Gerakan Tanam Padi MT 2009/2010 dan Gebyar Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) Padi , dilakukan temu wicara selanjutnya pencanangan tanam oleh Gubernur Banten di damping oleh Bupati Pandeglang, Dirjen Tanaman Pangan Deptan, Kadistanak prov. Banten dan unsur muspida lainnya.

Selain diadakan temu wicara juga ada penyerahan bantuan kepada kelompok tani se provinsi Banten dan penyerahan penghargaan kepada kelompok berprestasi sbb :

Sebelum acara berahir, dilanjutkan kunjungan ke stand pameran, disalah satu stand ada penampilan yang menarik yaitu dengan ditampilkanya hasil karya kelompok tani Alumni SL-PHT dengan menyajikan tentang pestisida nabati dan bahan bakunya, setelah ditanya tetang  siapa POPT yang suka berkunjung ke kelompoknya; langsung respon di jawab ….. oh itu mantri  Beni Sumantri katanya……. Sukurlah kelompok tani kenal dengan POPT nya, terima kasih pak Dachirul Anhar selaku kortikab kabupaten Pandeglang. ( Ateng A. SP,MM)

GERAKAN TANAM PADI  MT  2009/2010 DAN GEBYAR SEKOLAH LAPANG

PENGELOLAAN TANAM TERPADU  ( SL- PTT )

DI DESA GUNUNGCUPU KECAMATAN CIMANUK KAB. PANDEGLANG

SALAH SATU STAND KELOMPOK TANI PADA PAMERAN  PENCANANGAN TANAM  MT  2009/2010

DI DESA GUNUNGCUPU KECAMATAN CIMANUK KAB. PANDEGLANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: