PANEN PERDANA PADI GOGO

PRESS RELEASE
PANEN RAYA PADI GOGO/PADI LADANG
DAN EKSPOSE GELAR INOVASI TEKNOLOGI PADI
DI DESA CIBALIUNG, KEC. CIBALIUNG KAB. PANDEGLANG
KAMIS, 11 PEBRUARI 2010

PROVINSI BANTEN MERUPAKAN SALAH SATU PROVINSI PENYUMBANG PRODUKSI PADI YANG SIGNIFIKAN BAGI PENCAPAIAN SASARAN PRODUKSI NASIONAL.

MENURUT LAPORAN BPS (ANGKA RAMALAN III TAHUN 2009), PRODUKSI PADI DI BANTEN MENCAPAI 1,86 JUTA TON GABAH KERING GILING. TINGKAT PRODUKSI INI DAPAT MENCUKUPI KEBUTUHAN BERAS BAGI MASYARAKAT BANTEN, BAHKAN TERDAPAT SURPLUS SEBESAR 66.823 TON SETARA BERAS.

MESKIPUN PRODUKSI TERSEBUT SEBAGIAN BESAR BERASAL DARI PADI SAWAH (94%), NAMUN PERHATIAN TERHADAP PADI GOGO/PADI LADANG (YANG MENYUMBANGKAN PRODUKSI SEBANYAK 6%) TIDAK DAPAT DIKESAMPINGKAN.

PEMERINTAH PROVINSI BANTEN MEMANDANG PENTING PADI GOGO/PADI LADANG KARENA BEBERAPA PERTIMBANGAN :

1. USAHA TANI PADI GOGO/PADI LADANG MERUPAKAN WARISAN BUDAYA LELUHUR BANTEN, HAL INI DAPAT DILIHAT PADA TRADISI MASYARAKAT BADUY DAN MASYARAKAT BANTEN SELATAN.

2. SEBAGIAN WARGA BANTEN MENGGANTUNGKAN PEMENUHAN KEBUTUHAN BERASNYA DARI USAHA TANI PADI GOGO/PADI LADANG.

3. MASIH TERDAPAT POTENSI PENINGKATAN PRODUKSI PADI GOGO/PADI LADANG YANG PADA GILIRANNYA DAPAT MENYUMBANG TERHADAP PRODUKSI REGIONAL DAN NASIONAL, PALING TIDAK MELALUI 2 (DUA) PENDEKATAN, YAITU :
a. PERLUASAN AREAL TANAM;
b. PENINGKATAN PRODUKTIVITAS.

4. SAAT INI LUAS PANEN PADI GOGO/PADI LADANG MENCAPAI 33.362 HEKTAR (ANGKA RAMALAN III BPS TAHUN 2009). PERLUASAN AREAL MASIH MEMUNGKINKAN DENGAN MEMANFAATKAN BEBERAPA KAWASAN SEBAGAI BERIKUT :
a. KAWASAN PERKEBUNAN YANG SEDANG DIREMAJAKAN;
b. KAWASAN HUTAN PRODUKSI YANG DIKELOLA OLEH PERUM PERHUTANI KPH BANTEN SELUAS 66.133 HEKTAR.
DENGAN TINGKAT PRODUKTIVITAS SEBESAR 3,24 TON PER HEKTAR GABAH KERING GILING (ANGKA RAMALAN III BPS TAHUN 2009), PERLUASAN AREAL TANAM BERPOTENSI MENYUMBANGKAN PRODUKSI PADI SEBESAR 214.271 TON.

5. UPAYA DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS PADI GOGO/PADI LADANG DITEMPUH MELALUI PERBAIKAN PENERAPAN TEKNOLOGI, YANG DIHARAPKAN DAPAT MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI. TELAH DIKEMBANGKAN MODEL PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU BERBASIS PADI GOGO/PADI LADANG YANG BERPOTENSI MENGHASILKAN PRODUKTIVITAS PADI GOGO/PADI LADANG LEBIH DARI 5 TON PER HEKTAR GABAH KERING GILING. SALAH SATU PAKET TEKNOLOGI PERBAIKAN YAITU PENGGUNAAN VARIETAS UNGGUL BARU SEPERTI SITU PATENGGANG, LIMBOTO DAN BATU TEGI YANG TELAH DIPERKENALKAN KEPADA PARA PETANI DI PROVINSI BANTEN.

6. GELAR INOVASI TEKNOLOGI PADI GOGO/PADI LADANG/PADI LADANG PADA MUSIM TANAM 2009/2010 DI DESA CIBALIUNG KEC. CIBALIUNG KAB. PANDEGLANG SELUAS 200 HEKTAR DITUJUKAN UNTUK :
a. MENINGKATKAN KOORDINASI DAN KETERPADUAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN SERTA PENINGKATAN PRODUKSI DAN PRODUKTIVITAS PADI GOGO/PADI LADANG MELALUI PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU ANTARA PUSAT, PROVINSI DAN KABUPATEN;
b. MEMPERCEPAT PROSES SOSIALISASI DAN ADOPSI TEKNOLOGI PADI GOGO/PADI LADANG DI PROVINSI BANTEN;
c. MEMPERCEPAT PENERAPAN KOMPONEN TEKNOLOGI PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (PTT) PADI GOGO/PADI LADANG OLEH PETANI SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DALAM MENGELOLA USAHA TANINYA UNTUK MENDUKUNG PENINGKATAN PRODUKSI;
d. MEMPEROLEH MASUKAN BERUPA UMPAN BALIK TEKNOLOGI YANG DIBUTUHKAN OLEH PETANI DAN PENGGUNA LAINNYA KHUSUSNYA DI BAGIAN BANTEN SELATAN;
e. MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS, PRODUKSI DAN PENDAPATAN SERTA KESEJAHTERAAN PETANI.

7. DALAM UPAYA DIVERSIFIKASI SUMBER – SUMBER PENDAPATAN PARA PETANI BERBASIS PADI GOGO/PADI LADANG, AKAN DIKEMBANGKAN BEBERAPA INTEGRASI USAHA TANI SESUAI DENGAN KARAKTERISTIK AGROEKOSISTEM LAHAN KERING, ANTARA LAIN INTEGRASI PADI GOGO/PADI LADANG – KERBAU, TUMPANG SARI PADI – PALAWIJA DAN PERBAIKAN POLA TANAM SETAHUN. HAL INI MERUPAKAN PERWUJUDAN DARI GERAKAN AKSI MEMBANGUN PERTANIAN RAKYAT TERPADU (GEMPITA RATU).

8. GEMPITA RATU MERUPAKAN POLA FIKIR DAN POLA TINDAK YANG DIMAKSUDKAN UNTUK MENDUKUNG TERWUJUDNYA PERCEPATAN PEMBANGUNAN PUSAT PERTUMBUHAN DALAM KERANGKA REVITALISASI PERTANIAN MELALUI PENGUATAN STRUKTUR EKONOMI BERBASIS AGRIBISNIS, DENGAN PENDEKATAN KAWASAN, KETERPADUAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PERTANIAN. GEMPITA RATU DIKEMBANGKAN DENGAN TUJUAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI PERTANIAN, MENGURANGI PENGANGGURAN, MENEKAN ANGKA KEMISKINAN, MEMENUHI KEBUTUHAN PANGAN DAN MENINGKATKAN NILAI TAMBAH DAN KEMITRAAN USAHA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: